Tips hemat BBM

Standar

☺ Buat para pengendara mobil, sebaiknya meminimalkan penginjakan rem . jika sedang berhenti di lampu merah,sebaiknya pindahkan gigi ke posisi netral. penggunaan rem,akan menkonversi energi kinetik ke dalam energi panas pada piringan rem. padahal energi kinetik mobil sebelumnya, berasal dari energi kimia yang dikandung BBM.

☺ Sewaktu membeli kendaraan, sebaiknya pilih yang berwarna terang. kendaraan berwarna gelap akan menyerap lebih banyak panjang gelombang daripada kendaraan berwarna terang sehingga energi panas lebih mudah memasuki interior kendaraan gelap. akibatnya, pendingin kendaraan akan bekerja lebih keras dan memerlukan energi ekstra.

☺ Hindari kemacetan, kemacetan adalah salah satu sumber utama pemborosan BBM.

☺ Parkir kendaraan di tempat yang teduh. panas akan membuat pendinginan bekerja lebIh keras, terutama ketika baru menyalakan mobil.

☺ Mesin kendaraan yang berukuran besar umumnya lebih boros BBM daripada mesin kendaraan yang berukuran kecil. jadi lebih baik memilih kendaraan dengan ukuran mesin dan jumlah silinder yang rendah.

☺ Jika membeli kendaraan, pilihlah kendaraan dengan teknologi terbaru, teknologi mesin baru biasanya lebih hemat BBM daripada kendaraan yang berteknologi lama.

☺ Jangan sampai terlambat mengganti oli. semakin lama penggunaan oli, maka daya pelumasnya akan semakin berkurang. akibatnya makin banyak BBM yang terkonvaersi menjadi panas di dalam mesin.

☺ Gunakan kendaraan yang suda pasti hemat BBM.

☺ Jika terlalu mendesak, lebih baik menggunakan angkutan umum. selain menghemat BBM, kita juga dapat mengurangi polusi udara.

Tinggalkan komentar